Minggu, 02 Oktober 2011

Style Huruf Dengan Effect Bergerak Pada Visual Basic.Net 2008 Share3

Pada tutorial kali ini saya masih membahas mengenai style-style yang ada pada visual basic, sekarang dan dari pencerahan yang entah dari mana datangnya saya dapat membuat sebuah tulisan berjalan pada visual basic ini, begini ceritanya…. :D
Langkah 1.
Seperti biasa kita harus mempersiapkan persenjataan dan mental yang kuat dalam pembuatan effect berjalan ini, yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat sebuah form baru yang caranya ga perlu saya tampilkan lagi pada tutorial ini, bisa dibaca pada tutorial sebelumnya. Buatlah 2 buah button,1 buah label, 1 timer.
Langkah 2.
Pada langkah ini kita merubah properties dari label tersebut seperti berikut. Pada table form kita merubah backcolor menjadi palegreen, lihat gambar dibawah ini.
Pada properties button1 dan 2 kita hanya merubah warnanya saja pada properties dan pada button1 kita merubah text pada properties menjadi start, pada button2 kita merubah text menjadi stop dan untuk yang lainnya dapat dilihat  seperti gambar dibawah ini.
sekarang kita merubah timer yang ada, pada properties kita merubah seperti gambar dibawah ini, interval pada timer dapat kita ubah sesuka kalian karna interval ini hanya menentukan kecepatan huruf tersebut berjalan.
Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :
Langkah 3.
Pada langkah ini kita sudah siap untuk memasukkan coding kedalam tools tersebut. Pada form kita double klik dan ketikkan coding beikut.
lbljalan.Text = “  Cup_pa_paW  “
ini merupakan coding untuk memasukkan text pada tools lbljalan, untuk yang didalam tanda kutip dapat diganti sesuka kalian. Setelah itu kita masukkan coding berikut pada tools timer.
Dim s1 As String
Dim S2 As String
s1 = Microsoft.VisualBasic.Left(lbljalan.Text, 1)
S2 = Microsoft.VisualBasic.Right(lbljalan.Text, Len(lbljalan.Text) – 1)
lbljalan.Text = S2 + s1
setelah coding untuk timer selesai sekarang kita tinggal memasukkan coding untuk button start dan stop, codingan seperti berikut.
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Timer1.Enabled = True
End Sub
Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
Timer1.Enabled = False
End Sub
Pada codingan ini kita seperti member izin kepada timer untuk dapat menjalankan atau menghentikan perintah yang ada pada timer. Jika semua langkah dilakukan dengan benar maka tampilan yang akan muncul seperti berikut.
sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca. :”>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar